Pola Hidup Sehat
Kebiasaan menerapkan pola hidup sehat merupakan salah satu ikhtiar yang layak dilakukan semua orang untuk menjaga kesehatan. Bukan rahasia lagi bahwa kesehatan merupakan hal penting yang sangat berharga. Semua aktivitas akan bisa Anda lakukan selama sehat. Oleh karena itu, tidak aneh orang melakukan aneka cara agar tetap sehat. Mulai dengan cara murah hingga membutuhkan banyak biaya. Hal ini memunculkan semboyan “Sehat itu mahal”. Padahal menerapkan gaya hidup sehat tidak selalu membutuhkan biaya yang mahal dan ribet.

Berikut adalah lima langkah paling mudah dan murah memulai pola hidup sehat.

1. Beristirahat yang cukup
Setiap hari pastikan agar Anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Rata-rata orang dewasa membutuhkan waktu tidur 6-8 jam setiap harinya. Ketika tubuh kurang istirahat akan membuat metabolisme bermasalah dan mudah sakit.

2. Minum cukup air putih
Setiap orang memiliki kebutuhan minum air putih yang harus dipenuhi. Ada penelitian yang menyimpulkan bahwa jumlah air yang dibutuhkan tubuh tergantung kepada aneka faktor. Misalnya kondisi cuaca dan iklim, aktivitas fisik yang dilakukan, dan berat badan, tetapi umumnya orang dewasa perlu 2,7-3,7 liter asupan air.
Pola Hidup Sehat
Kekurangan cairan akan mengganggu fungsi metabolisme tubuh untuk mengeluarkan racun. Tanda-tanda tubuh kekurangan cairan antara lain : urine berwarna keruh dan agak kuning, bibir kering, mulut kering dan sedikit buang air kecil. Jumlah kebutuhan minimal minum dapat ditentukan dengan rumus 30ml per kilogram berat badan.

3. Hidup bersih
Hidup di lingkungan bersih akan membuat virus dan bakteri sumber penyakit menjauh. Anda pun merasa nyaman, sehat dan bahagia.

4. Cuci tangan dengan sabun
Biasakan cuci tangan dengan sabun untuk mengurangi penyebaran penyakit menular. Terutama pada waktu sebelum dan setelah makan, sebelum memegang bayi, setelah buang air, setelah menceboki anak, serta sebelum menyiapkan makanan.

5. Jangan lupa tersenyum
Langkah mudah dan gratis lainnya adalah dengan tersenyum. Tersenyum membuat tubuh lebih rileks serta bahagia.

Nah itulah cara mudah dan murah menerapkan pola hidup sehat. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Inspirasi Kita © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top