Seperti yang kita ketahui banyak pebisnis yang ingin menjadikan semua orang sebagai konsumennya, sebab dengan begitu diharapkan akan semakin banyak profit yang didapatkan. Tapi ada yang terlupa bahwa tidak semua orang mempunyai permasalahan dan kebutuhan yang sama. Hal itulah yang pada akhirnya banyak yang salah sasaran. Oleh sebab itu, perlu penerapan STP marketing (Segmen, Target dan Positioning) yang sudah terbukti serta banyak digunakan brand dunia. Dalam hal ini, digital marketing agency menjadi salah satu partner yang akan membantu Anda mewujudkan kesuksesan marketing bisnis Anda.

Berikut tahap penerapan STP marketing  yang perlu Anda ketahui:

Segmentasi 

Secara singkat segmentasi pasar merupakan pembagian pasar yang luas untuk kemudian dibagi lagi menjadi kelompok yang lebih kecil yang didasarkan dengan karakteristik tertentu. Secara segmentasi pasar dibagi menjadi beberapa jenis yakni: 


Segmentasi Demografis 

Dalam aspek ini pasar dibagi menjadi berdasarkan umur, gender, tingkat pendidikan, etnis, pekerjaan dan lain sebagainya. 

Segmentasi Geografis

Pada segmentasi ini, pasar dibagi dalam kelompok negara, provinsi, kota, iklim dan juga tingkat populasinya. Misalnya pada Mc Donalds yang mempunyai menu masakan sesuai dengan ciri khas negaranya. 

Segmentasi Psikografis 

Dalam segmentasi yang satu ini, pasar dibagi sesuai dengan psikologis konsumen. Misalnya kepercayaan, kepribadian, gaya hidup dan lain sebagainya. 

Segmentasi Perilaku 

Di segmentasi jenis ini, pasar dibagi berdasarkan kebiasaan dari konsumen dalam membeli produk, misalnya tingkat loyalitas, manfaat yang dicari dan lain sebagainya. 

Targeting 

Pada tahapan ini Anda sebagai pebisnis sudah sudah bisa menentukan mana segmen pasar terbaik yang cocok dan juga baik untuk bisnis yang dijalankan. Kini kehadiran digital marketing agency sangat dibutuhkan oleh para pebisnis untuk membantu menemukan segmen pasar terbaik agar bisa bisa melakukan promosi dengan mengikuti perkembangan dunia digital. Di Dalam penentuan segmen pasar, setidaknya ada tiga faktor yang perlu dipertimbangkan, yakni: 

Profitabilitas 

Karena profit pada umumnya menjadi tujuan utama dalam berbisnis, tentu saja Anda harus memastikan bahwa segmen yang kita inginkan tersebut memang bisa menghasilkan profit yang besar. Jangan sampai Anda salah target, misal menjual mobil sport untuk mahasiswa. Walaupun mungkin ada beberapa mahasiswa yang mungkin mampu untuk membelinya. Tapi lebih baik menarget orang yang telah bekerja. 

Ukuran dan Potensi Pertumbuhan 

PADA segmentasi ini memang pasar dapat dibagi ke dalam kelompok kecil. Tapi usahakan kita juga perlu melihat besar kecilnya pasar tersebut. Misalnya hindari pembagian pasar yang sudah kecil, sebab hal tersebut bisa membatasi perkembangan bisnis. Disamping itu, perhatikan pula perkembangan pasar di masa depan. 

Kemudahan Akses 

Anda perlu memilih pasar yang bisa dengan mudah diakses baik oleh kita ataupun konsumen.

Positioning 

Positioning merupakan bagaimana cara untuk memposisikan bisnis di pasar yang dituju. Anda perlu menawarkan keunikan produk yang dimiliki kepada konsumen. Misalnya, suatu brand membuat smartphone yang berkualitas premium dan juga mewah. Sehingga tentu saja target dari smartphone tersebut adalah orang yang tak hanya ingin membeli handphone saja tapi juga mencari gengsi ataupun kemewahan. 

Tawarkan solusi dari Masalah yang Dihadapi Segmen Tersebut

Di setiap segmen, pasti terdapat masalah didalamnya. Untuk bisa mengetahui permasalahan tersebut maka Anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Setelah mengetahui permasalahannya apa, maka Anda bisa menawarkan solusinya. 

Temukan Unique Selling Point 

Apa yang membedakan bisnis yang Anda jalankan dengan kompetitor lain di segmen tersebut? Mengapa konsumen memilih produk Anda? Untuk bisa menjawab semua pertanyaan tersebut maka temukan Unique Selling Point (USP) di bisnis yang Anda jalankan. Dengan USP, Anda bisa membuat produk atau jasa Anda berbeda sehingga konsumen akan rela mengeluarkan uangnya untuk membeli produk yang Anda miliki.

IDEOWORKS.ID. merupakan satu digital marketing agency yang akan membantu bisnis Anda untuk menemukan inovasi baru dan menjamin pertumbuhan bisnis. Agency tersebut akan mendorong performa perusahaan agar mampu bersaing dan juga berkembang dalam dunia bisnis.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Inspirasi Kita © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top