Gangguan kesakitan pada anak balita yang sering kali terjadi yaitu ruam popok, ini yang terkadang membuat ibu jengkel. Biasanya ruam yang terjadi pada bayi tidak hanya sekali, tapi berulang kali. Maka dari itu perlu obat ruam popok pada bayi yang tepat, sebelum kita membahas obat maka sebaiknya kita kenali terlebih dahulu penyebabnya.

Penyebab Ruam Popok

Ruam popok yang terjadi pada bayi bisa disebabkan oleh beberapa hal, dibawah ini;

  • Pertama karena seringnya kulit bayi kontak dengan urine dan tinja yang ada di popok, sehingga ini memicu iritasi pada kulit bayi yang sangat sensitif. 

  • Kedua, karena terjadinya gesekan, contohnya karena popok yang terlalu ketat

  • Ketiga, Iritasi dengan produk yang baru digunakan contohnya seperti sabun, bedak tabur bayi, detergen, atau dengan bahan pelembut pakaian

  • Keempat, karena pengaruh jenis makanan baru yang membuat perubahan komposisi tinja dan frekuensi buang air besar.

  • Terakhir disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur, ini disebabkan kulit yang tertutup popok terlalu lama sehingga membuat lembab dan hangat. 

Beberapa penyebab tersebut tentunya bisa menjadi informasi penting bagi ibu, disarankan untuk ibu yang anaknya menggunakan popok sebaiknya menggunakan MAKUKU. Jika sudah terlanjur terkena ruam popok, maka berikut ini obat yang bisa diberikan untuk kulit bayi.

Obat Ruam Popok Pada Bayi

Dalam hal ini ibu bisa mengoleskan salep ataupun krim, biasanya ini bisa Anda temukan dengan mudah di pasaran. Contoh untuk mengobati ruam yang terjadi pada bayi, diantaranya yaitu zinc oxide, zinc gluconate, atau petroleum jelly. 

Akan tetapi sebaiknya Anda hindari obat oles yang memiliki kandungan difenhidramin atau asam salisilat, kecuali jika Anda memang dianjurkan oleh dokter. 

Nah jika ruam popok dalam waktu 2 hari tidak kunjung membaik dan malah semakin parah, maka sebaiknya Anda periksakan anak bayi ke dokter. 

Nah itulah informasi mengenai penyebab dan obat ruam popok pada bayi, yang tentunya sangat berguna untuk Anda yang saat ini memiliki anak usia dini. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Inspirasi Kita © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top