Kue Tradisional Indonesia Khas Bali, Bubuh Injin
Kue Tradisional Indonesia
Makanan tradisional dari berbagai daerah memiliki ciri khas tersendiri, begitu pun dengan Kue Tradisional Indonesia yang ada di Bali menjadi salah satu panganan yang lezat dan memiliki penggemarnya sendiri untuk makanan ini. Yaitu Bubuh Injin, bagi sebagain ornag mendengar kata tersebut mungkin sekilas bukan makanan, tapi bagi orang yang sudah mengenalnya dan pernah mencicipinya tak asing lagi dari rasa yang begitu melekat di lidah. 

Bubuh Injin ini adalah makanan atau sejenis kue tradisional yang berbahan dasar ketan dengan pemanis tambahan dari gula dan bahan lainnya sebagai pelengkap panganan ini. Untuk lebih lanjutnya, kita akan membuat Bubuh Injin dengan memoersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu.
Kue Tradisional Indonesia Khas Bali, Bubuh Injin
Kue Tradisional Indonesia
Bahan yang dipersiapkan diantaranya:

- 75 gram beras ketan putih
- 125 gram beras ketan hitam
- 1 liter air
- 2 lembar daun pandan
- 500 ml air gula
- 150 gram gula merah
- ¼ sdt garam

Bahan untuk membuat saus:

- 300 santan dari 1 butir kelapa
- ½ sdt garam

Cara membuat Bubuh Injin:
  1. Didihkan air dalam panci, masukan ketan dan daun pandan. Sambil sesekali diaduk dan merekah sampai ketan matang.
  2. Dalam wadah terpisah, rebus 500 ml air dengan gula merah, daun pandan, dan juga garam. Sambil diaduk sampai gula larut dan mendidih, angkat dan saring terlebih dahulu. Kemudian, masukan kedalam bubur ketan, aduk hingga merata. Masak sampai meletup-letup dan jika sudah matang, angkat.
  3. Selanjutnya rebus bahan saus sampai mendidih.
  4. Masukan bubur kedalam mangkuk, siram bagian atasnya dengan saus gula, sajikan selagi hangat dan resep diatas bisa untuk 8 porsi.
  5. Bubuh Injin ini memang tak jauh berbeda dari bubur ketan pada umumnya, namun berbeda nama dan cara pembuatannya, meskipun begitu makanan ini sanagt enak, manis dan akan memberikan kesan berebeda setelah Anda mencobanya. Aneka Kue Tradisional Indonesia bisa Anda busat dengan mudah dan rasanya lebih enak.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Inspirasi Kita © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top