Saat ini, media yang paling sering digunakan untuk menyebarkan berita adalah media online. hal ini dikarenakan media online dianggap sebagai media yang paling cepat pencapaiannya kepada masyarakat. Berbagai berita kini mudah didapatkan oleh masyarakat dengan cepat melalui media online, baik itu berita mengenai peristiwa yang sedang terjadi, sampai berita politik terkini. Akan tetapi adanya media online ini bisa memberikan dampak negatif, maupun dampak positif. Dampak positifnya adalah berita menjadi dengan mudah menyebar dan dapat diakses oleh siapa saja. dan untuk dampak negatifnya adalah banyaknya bermunculan berita hoax, apalagi dalam berita politik. Maka dari itu penting bagi anda untuk mewaspadai berita politik yang mengandung unsur hoax. Namun disisi lain kita sebagai masyarakat terkadang sulit untuk menghindari atau membedakan mana berita hoax dan mana yang berita asli. Maka dari itu media online lah yang harus berperan besar dalam pencegahan berita hoax, terutama dalam penyebaran berita politik. Berikut ini salah satu bentuk pencegahan berita hoax yang bisa dilakukan oleh media online, di antaranya adalah :

Menyaring berita
Yang bisa media online lakukan adalah menyaring berita yang akan disebarkan kepada masyarakat. Yaitu media online harus lebih selektif dalam memilih redaksi berita yang akan dimunculkan dalam laman situsnya. Pastikan berita yang bisa ditampilkan dan disebarkan ke masyarakat adalah berita yang tingkat akurasinya lebih tinggi, yang kebenarannya dapat dipastikan dan memang benar benar dalam bentuk fakta. Dengan begitu maka masyarakat akan langsung menerima berita yang faktual bukan berita hoax lagi ketika membuka portal berita di media online.

Penggunaan bahasa yang tidak ambigu
Dalam redaksi beritanya, diusahakan media online tidak menggunakan bahasa yang ambigu atau yang tidak jelas sehingga menimbulkan persepsi dan opini baru di tengah masyarakat, jika masyarakat sudah memiliki persepsi yang menyimpang, maka akan timbul kembali berita hoax yang bisa tersebar dari mulut ke mulut. Maka dari itu gunakan bahasa yang jelas dan dapat dimengerti oleh seluruh lapisan masyarakat.

Itulah beberapa peranan media online yang bisa untuk mencegah tersebarnya berita hoax di tengah masyarakat terutama dalam penyebaran berita politik terkini yang paling banyak mengandung unsur hoax sehingga menyebabkan perpecahan antar masyarakat karena citra politik yang panas dan sarat akan peperangan antar kubu politik.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Inspirasi Kita © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top