Finger Painting

Melukis dengan jari atau yang disebut finger painting tentu bagi anak-anak merupakan sebuah aktivitas yang menyenangkan. Pasalnya, di kegiatan ini anak-anak bisa belepotan bermain tanpa takut dimarahi Bunda mereka. Selain itu, para ahli juga mengatakan jika kegiatan ini sangat bagus untuk mengasah seni dan kreativitas si kecil. Sayangnya, usia anak yang masih balita membuat mereka sering tanpa sengaja memasukkan benda apapun ke mulut, misalnya saja cat. Untuk itu, yuk simak tips buat cat sendiri di rumah pada artikel ini.

Cara Buat Cat Finger Painting Sendiri



Maklum, yang namanya bocah pasti punya rasa penasaran tinggi dan cenderung memasukkan apapun ke mulut mereka. Ketika melakukan kegiatan finger painting pun, mereka mungkin akan tanpa sengaja menjilat cat. Rasanya tentu mengerikan membayangkan jika anak harus menelan semua zat kimia tersebut. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda membuat cat melukis dengan jari ini sendiri di rumah. Kira-kira bagaimana caranya?

1. Siapkan Bahan dan Peralatannya

Pertama, Anda bisa menyiapkan panci, ½ cup tepung maizena, 3 sendok makan gula, 2 cup air dingin, ½ sendok teh garam, glitter, pewarna makanan, dan spatula serta tempat penyimpanan kecil. Anda bisa memakai wadah es krim atau cup.

2. Campur Semua Bahan Jadi Satu

Selanjutnya, campur semua bahan di atas menjadi satu adonan dalam panci anti lengket yang sudah disiapkan. Masak bahan tersebut sekitar 15 menit dengan api kecil. Awasi dan periksa selalu setiap 5 menit agar jangan sampai hangus. Aduk adonan tersebut hingga melembut dan mengental.

3. Dinginkan Cat

Setelah matang dan mengental sempurna, silahkan matikan kompor dan dinginka adonan yang ada di dalam panci. Tempatkan bahan cat yang sudah matang tersebut ke dalam wadah-wadah kecil yang sudah disiapkan.

4. Cat Siap Dipakai

Terakhir, cat bisa diberi campuran pewarna makanan dan glitter. Selesai, cat yang tidak berbahaya untuk anak sudah siap untuk digunakan melukis. Keuntungannya, apabila tertelan, maka cat ini tidak akan berbahaya untuk si kecil.

Demikian ulasan mengenai tips buat cat finger painting sendiri di rumah. Semoga ulasannya bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Inspirasi Kita © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top