Setiap orang yang menginginkan kemampuan hafalan terbaik membutuhkan sebuah kemampuan dan kondisi yang sesuai. Kemampuan ini memang bukan merupakan sesuatu yang bisa dipelajari. Mengingat merupakan sebuah bakat alami yang berhubungan dengan proses penggunaan otak dan pemahaman mengenai batasan ataupun kebutuhan dalam cara mudah menghafal. Untuk mengembangkan kemampuan berpikir sesering perlu mempersiapkan diri dalam mencapai kemampuan seperti ini. Orang yang memiliki kemampuan mudah mengingat tidak memiliki hambatan yang menyatakan bahwa hafalan merupakan hal yang sulit. 

Pernyataan seperti ini sudah cukup untuk membuat seseorang kehilangan berbagai hal yang dibutuhkan untuk memudahkan proses menghafal sesuatu. Hal yang telah dibaca atau dipelajari tidak melompat keluar dari otak seseorang tapi disimpan di balik batasan yang telah dibuat sehingga tidak bisa diingat lagi kecuali seseorang telah melampaui batasan tersebut. Batasan bisa dibuat dengan mudah. Hanya dengan meyakinkan diri bahwa hafalan itu sulit atau pernah mengucapkan pernyataan tersebut pada seseorang dan meyakini kebenaran pernyataan tersebut sudah cukup untuk memberikan batasan kuat pada diri seseorang untuk membuat mereka tidak dapat mengingat sesuatu. 

Batasan ini nantinya akan diperkuat dengan kenyataan kesulitan mengingat yang terjadi akibat batasan tersebut. Ketika seseorang telah berhasil membuktikan bahwa mereka tidak dapat mengingat beberapa hal yang harus mereka ingat maka mereka akan menjadi yakin bahwa ingatan mereka buruk. Padahal dalam kenyataannya hal ini tidaklah benar. Mereka tidak dapat mengingat karena mereka membuat batasan tersebut pada diri mereka. Ketika seseorang ingin keluar dari kesulitan untuk mengingat ini mereka harus menghancurkan batasan ini terlebih dahulu. 

Seseorang harus menolak kenyataan bahwa mereka bisa melupakan sesuatu dan terus berusaha untuk mengingat segala hal yang ingin mereka ingat. Ini adalah tahapan awal yang paling penting dalam cara mudah menghafal yang tidak tergoyahkan. Usahakan untuk memperhatikan aspek lain dalam hal yang ingin diingat sehingga proses identifikasi dan ingatan mengenai hal tersebut tidak hanya akan terbentuk dari satu rangkaian ingatan namun akan dihasilkan oleh sejumlah ingatan yang saling berhubungan.
 
Inspirasi Kita © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top