Senin, 19 Juni 2017

Orang Tua Perlu Tahu Penyebab Anak Terlambat Bicara

anak terlambat bicara


Banyak orang tua yang kebingunan saat mengamati pertumbuhan buah hati dan menemukan keganjalan yaitu anak belum juga mengeluarkan kata-kata. Hal ini sering disebut sebagai anak terlambat bicara dan berbeda dengan cacat, karena terlambat bicara adalah belum yang kemungkinan besar dapat terjadi. Terlambat bicara dan cacat merupakan dua hal yang berbeda jika ditinjau dari faktor penyebabnya.

Seperti yang kita ketahui, anak merupakan buah hati dari pasangan suami dan istri yang kehadirannya sangat dinanti-nanti. Saat seorang bayi lahir maka kedua orang tua merasakan kebahagiaan yang besar, apalagi jika buah hati pertama. Pada usia balita, seorang anak akan memperoleh perhatian ketat akan tumbuh dan kembangnya.

Saat anak mulai menginjak usia 1,5 tahun tentu banyak hal yang diharapkan dapat terjadi. Misalnya saja anak yang mulai menggerakkan tubuh dan mulai mengeluarkan suara-suara dari mulutnya. Ini merupakan proses yang ditunggu-tunggu oleh kedua orang tua. Jika pada usia tersebut anak belum juga mengeluarkan bunyi dari mulutnya atau diam saja maka ada kemungkinan mengalami anak terlambat bicara.

Anda perlu datang ke dokter spesialis anak dan memeriksakan kondisi tubuh bayi anda, apakah terdapat kecacatan atau tidak. Anak yang terlambat bicara dapat disebabkan dari berbagai hal dan anda perlu tahu itu. Anda perlu memastikan apakah keterlambatan itu dikarenakan fungsi organ tubuh yang tidak bekerja atau mungkin disebabkan faktor eksternal seperti jarang diajak berkomunikasi dan lain sebagainya.

Saat anda mengetahui penyebabnya maka akan mudah bagi anda mengambil langkah solusi. Jika memang disebabkan organ tubuh seperti telinga dan pita suara yang tidak berfungsi maka solusi paling tepat adalah melakukan penyembuhan. Namun pada banyak kasus seperti ini, anak terlambat bicara disebabkan dari faktor eksternal.

Anda perlu mengetahui teknik dan proses pembimbingan perkembangan anak agar dapat berkembang dengan baik. Ini menjadi sebuah tindakan dasar yang perlu anda perhatikan sebagai orang tua. Salah satu hal yang sering menjadi penyebab anak terlambat bicara adalah anak yang jarang diajak berkomunikasi, sering menyendiri, terlalu banyak melihat televisi.

0 komentar:

Posting Komentar