Untuk menjadi mandiri diperlukan dasar-dasar emosional yang bagus. Kecerdasan emosional itu bisa dipupuk sejak anak memasuki usia emas pertumbuhannya. Bagi, setiap orang tua, pastikanlah anak anda memiliki kecerdasan emosional agar tumbuh cepat dan sempurna menuju kemandirian.

Menjadikan anak memiliki karakter mandiri tentunya memerlukan banyak hal yang mesti dilakukan oleh orang tua. Salah satu cara menjadikan anak mandiri ialah dengan mengenalkan dan melatih kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual secara seimbang. Pada tulisan kali ini, akan dibahas mengenai kecerdasan dalam aspek emosional sehingga bisa membuat anak hidup mandiri. Saat anak mandiri, kecerdasan pada aspek emosional mesti dilatih dengan baik dalam jangka waktu yang lama atau sejak anak-anak. Sejak fase anak, karakter emosional bisa dibawa hingga sudah besar. Untuk itu sangat penting melatih emosi anak di usia ini. Lalu, dengan hal apa orang tua bisa melatih emosional anak agar nantinya cepat mandiri?

Untuk menjadi mandiri, emosional bisa bercabang dalam banyak hal, dari sekian banyak tersebut, berikut beberapa poinnya; pertama, pastikan bahwa anak anda menghargai dirinya sendiri, hal tersebut bisa dilakukan orang tua dengan menghargai perasaan anak dari sejak kecil. Kedua, pastikan berbagai emosi yang terjadi pada anak ialah sesuatu yang normal, sehingga anak tidak mudah minder dengan keadaannya. 

Cara yang bisa dilakukan ialah mendengar, memberi pengertian dan empati dalam berbagai emosi anak dari sejak kecilnya. Poin ketiga ialah orang mandiri mampu melepaskan emosinya dalam hal-hal yang positif. Saat usia dini, anak sudah bisa dan sudah harus dilatih cara melepaskan emosi pada hal-hal yang positif. Seringkali banyak kasus terjadi karena anak tidak mengetahui dengan cara seperti apa dia mesti melepaskan berbagai emosinya. Sehingga berdampak pada pemilihan solusi yang tidak baik atau bahkan melenceng.

Dari ketiga poin diatas, anak akan bisa menghargai dirinya, tidak merasa minder dan positif saat hendak melepaskan perasaan emosionalnya. Dari banyak hal, setidaknya itulah kecerdasan emosional yang mesti dimiliki agar anak tumbuh cepat dan sempurna menjadi mandiri. Dasar-dasar kecerdasan emosi seperti itu sudah bisa dan harus dipupuk sejak anak berada pada fase golden age nya. Setiap orang tua pastinya menginginkan memiliki anak yang mandiri, untuk itu berilah mereka dasar emosional yang kuat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Inspirasi Kita © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top