Diare merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Penyebab diare biasanya karena makanan yang terlalu pedas atau pun terlalu asam, namun berbeda pada anak-anak biasanya karena makanan maupun minuman yang mereka konsumsi. Misalnya makanan yang mereka makan ternyata terkontaminasi oleh bakteri seperti bakteri campylobacter dan salmonella. Sebenarnya diare bisa hilang sekitar 5-7 hari atau di bawah dua minggu tergantung dengan kekebalan tubuh si anak, namun sebaiknya para orang tua memberikan obat diare anak untuk meringankan gejala yang ditimbulkan. Ibu bisa membeli obat diare di apotik ataupun membuatnya sendiri di rumah. Nah berikut ini cara membuat ramuan tradisional yang patut ibu coba untuk meringankan diare pada anak.

Oralit 
Oralit sudah dikenal sejak dulu sebagai obat diare anak yang paling ampuh, ternyata oralit juga bisa ibu buat sendiri di rumah. bahan yang perlu ibu siapkan adalah sediakan air hangat sekitar 200ml, kemudian setengah sendok teh garam dapur dan juga 2 sendok teh gula pasir. Cara membuatnya, ibu bisa langsung melarutkan gula dan garam yang telah ibu siapkan tadi kedalam air hangat. Berikan pada anak anda yang tentunya dengan dosis yang sesuai. Untuk anak 1 tahun bisa memberikan setengah gelas oralit saja, untuk anak di atas 1 tahun ibu bisa memberikan 1 gelas cairan oralit. 

Daun Sendok 
Ibu juga bisa memberikan daun sendok sebagai obat diare anak selanjutnya, ibu bisa mendapatkannya dengan mudah di sekitar rumah. Bahan yang perlu ibu siapkan adalah 30 gram daun sendok yang masih segar dan juga 3 gelas air matang. Cara membuatnya rebuslah air matang yang sudah tadi ibu siapkan sampai mendidih, kemudain masukan daun sendoknya. Tunggulah airnya hingga berkurang menjadi 1 gelas. Ibu bisa memberikan ramuan tersebut dua kali sehari dengan dosis setengah gelas. 

Daun jambu biji 
Daun jambu biji dikenal sangat ampuh mengatasi diare pada orang dewasa, ternyata ibu juga bisa memberikannya kepada sang anak loh. Nah yang perlu ibu persiapkan adalah 5 lembar daun jambu biji, satu buah jambu biji kecil yang belum matang. Cara membuatnya tumbuklah kedua bahan tadi sampai halus, kemudian ambil sarinya dengan cara diperas kurang lebih satu sendok makan. kemudian ibu bisa langsung memberikannya pada sang anak. 

Itulah beberapa ramuan tradisional untuk mengatasi diare pada anak. Selamat mencoba!
 
Inspirasi Kita © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top