Kamis, 20 Juli 2017

Pengenalan Keterampilan Berbahasa Pada Anak


Cara belajar membaca

Belajar adalah sebuah keharusan bagi setiap manusia ketika hidup di dunia ini. Dengan belajar maka akan mendapatkan ilmu sebagai bekal untuk hidup sampai akhir hayat nanti. Sejak pertama kali manusia dilahirkan maka sejak itu pula manusia belajar, seperti belajar menyusui, mengenal suara, mengenal orang-orang terdekat, belajar berbicara, sampai kepada belajar formal yang diajarkan dibangku sekolahan.

Ada empat keterampilan berbahasa yang wajib dikuasai oleh setiap orang sebagai bekal untuk berkomunikasi lancar, yaitu berbicara, mendengar, membaca dan juga menulis. Berbicara dan mendengar adalah bawaan lahir dengan pembelajaran lingkungan sekitar, sedangkan membaca dan menulis adalah keterampilan berbahasa yang mesti dilatih dan diajarkan. Cara belajar membaca ataupun menulis ini bukan hanya tugas guru di sekolahan saja, melainkan juga tugas orang tua anak yang memiliki banyak waktu untuk membimbingnya di rumah.

Membaca dan menulis adalah keterampilan yang harus di kuasai ketika akan masuk sekolah dasar atau SD, karena di kelas 1 SD sekarang ini materi pembelajaran sudah lebih maju dengan materi belajar bagi anak yang sudah bisa membaca. Karena itulah, pengenalan huruf dan pengejaan adalah materi dasar yang harus dikuasai anak sebelum masuk sekolah dasar. Anak bisa dibimbing melalui taman kanak-kanak ataupun PAUD yang sekarang sudah marak di berbagai daerah. Tugas dari sekolah di usia dini tersebut bertujuan untuk pengenalan lingkungan sekitar serta berbagai pengenalan untuk pendidikan formal seperti pengenalan huruf dan juga cara mengejanya.

Tidak ada tuntutan bagi anak usia dini di bawah 7 tahun untuk bisa membaca, namun pengenalan sejak usia dini mesti dilakukan supaya anak tidak canggung lagi ketika mereka mulai serius belajar di bangku kelas 1 Sekolah Dasar. Cara belajar membaca ataupun menulis ini bisa dilakukan juga dengan bimbingan dari orang tua, apalagi sekarang ini sudah banyak media yang bisa membantu bunda untuk mengenalkan berbagai huruf kepada anak seperti menggunakan media gadget, karpet huruf, nyanyian, ataupun menggunakan cerita. Ada banyak hal yang bisa dilakukan olah bunda di rumah untuk anaknya, namun harus sabar dan jangan terkesan ingin cepat bisa, karena anak membutuhkan proses untuk mengenal sesuatu.

0 komentar:

Posting Komentar