tahap perkembangan anak

Setiap anak mempunyai tahap perkembangan anak yang sesuai dengan usianya yaitu dimulai dari usia 0 sampai dewasa nanti. Perkembangan anak yang sangat pesat adalah terjadi di usia 0-1 tahun. Pada usia tersebut orang tua akan melihat hal-hal yang baru dan perubahan-perubahan yang terjadi pada anak. Kemudian perkembangan selanjutnya yang terjadi pada anak usia 1-2 tahun adalah anak sudah mulai bisa berjalan atau masih belajar berjalan. 

Selain itu anak juga sudah mulai belajar untuk berbicara. Oleh karena itu orang tua harus bisa mengontrol dan mengawasi anaknya agar dalam proses perkembangan tersebut tidak terjadi hal-hal yang diinginkan. Pada saat usia tersebut motorik anak mulai berkembang dan akan cukup aktif bergerak sehingga apabila tidak diawasi oleh orang tua akan berbahaya.

Di usia tersebut anak akan aktif berjalan dan melangkahkan kakinya satu persatu. Apalagi di usia 14-15 bulan biasanya anak akan belajar untuk menaiki apapun didepannya seperti meja, kursi dan sebagainya. Selain itu anak pun akan mencoba memegang apapun yang dia lihat terutama barang atau makanan yang menarik.

Sehingga kemungkinan-kemungkinan buruk bisa saja terjadi jika orang tua tidak mengawasi dan memperhatikan anak. Tidak jarang anak yang terjatuh dari kursi dan meja atau anak yang memegang benda-bendayang berbahaya seperti apai, pisau dan gunting karena kurangnnya pengawasan dari orang tua. Sebaiknya orang tua membacakan cerita atau memperlihatkan bendar melalui gambar sehingga sedikit demi sedikit anak akan tahu danfaham fungsi dari benda tersebut.

Selain dituntut untuk bisa membesarkan anak dengan baik dan bertanggunga jawad, oprang tua dituntut juga untuk bisa mendidik anak agar menjadi teladan bagi anak-anaknya. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh orang tua adalag dengan berusaha komunikatif pada saat mendapingi tahap perkembangan anak.

Sebisa mungkin orang tua juga harus bisa memberi contoh yang baik agar ditiru oelh anak-anaknya, seperti dalam tutur kata dan perbuatan Karena usia 0-2 tahun merupakan usia emas dimana segala ucapan dan tingkah laku oran tua dan oran-orang disekelilingnya akan masuk kea lam bawah sadar anak tersebut dan bisa berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Inspirasi Kita © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top