Resep Makanan Tradisional Makanan khas dari Provinsi Banten tentu sangat variatif atau beraneka ragam seperti daerah – daerah lain di Indonesia. Tapi mungkin sebagian dari kita hanya mengenal sedikit jenisnya saja misalnya Sate Bandeng yang memang telah populer di nusantara sebagai makanan khas Banten. Jika kita menilik berbagai kuliner khas Banten maka tidak akan ada habisnya. Mulai dari makanan yang bercita rasa manis sampai dengan pedas, semua tersedia di Banten.

Kali ini kita akan mengenal kue apem putih khas Banten yang cukup terkenal. Kue apem putih termasuk jenis kue tradisonal yang memiliki bentuk mungil bertekstur kenyal dan juga sangat lezat. Kue apem putih ini terbuat dari tepung beras dan juga tape (peuyeum) yang diprementasikan. Rasa manis pada kue ini merupakan campuran dari bahan adonan kue dengan gula asli. GULAKU merupakan jenis gula yang sangat tepat sebagai bahan pilihan untuk membuat kue ini.
Resep Makanan Tradisional
Bahan – Bahan Resep Makanan Tradisional :
  • 150 gram tepung beras
  • 150 gram GULAKU
  • 360 ml air putih
  • 3 gram ragi instan
  • 1 sdm air hangat
  • Minyak goreng secukupnya
Cara Membuat:
  1. Campurkan 3 gram ragi instan dengan 1 sdm air hangat. Biarkan selama 15 menit hingga larut dan keluar busa.
  2. Masukkan tepung beras ke dalam wadah, tambahkan GULAKU dan air sebanyak 360 ml. Aduk-aduk hingga merata kemudian masak kurang lebih 5 menit hingga mengental. Angkat, biarkan dingin lalu saring.
  3. Tambahkan larutan ragi kedalam adonan tepung yang telah dimasak diatas. Diamkan selama 2 jam sampai mengeluarkan busa.
  4. Siapkan loyang kue apem, olesi dengan minyak goreng.
  5. Tuangkan adonan kue apem ke dalam Loyang, lalu masukkan ke dalam pengkukusan.
  6. Kukus kurang lebih 25 menit hingga mengembang dan matang.
Anda dapat menyajikan kue apem putih kukus ketika masih hangat atau sesudah dingin bersama dengan segelas teh manis maupun kopi kesukaan Anda. Kue apem putih khas Banten ini cocok untuk camilan saat ketika bersama keluarga hingga ta'jil buka puasa.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Inspirasi Kita © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top