Oli mobil

Oli mobil pada dasarnya dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu oli sintesis dan oli mineral. Kedua jenis ini memiliki peminat masing masing, yang kemudian dapat disesuaikan dengan karakter pada setiap kendaraan. Bahan dasar dari pelumas mobil ini memiliki jangka yang berbeda beda. Untuk oli berbahan mineral dari alam, maka usia oli tidak bisa bertahan lama, yaitu berada pada kisaran 5000 km jarak tempuh, setelah itu maka harus segera diganti. Untuk oli sintesis, rata rata memiliki keawetan lebih lama yaitu sekitar 30 ribu km.
Oli mobil

Oli TOP 1 termasuk salah satu oli sintetis yang mampu bertahan setelah 25.000 km jarak tempuh. Jadi, Anda tidak perlu sering menggantinya karena oli TOP 1 cukup stabil saat suhu ekstrim dan tentunya mempunyai kekentalan yang sesuai dengan kendaraan Anda.

Beruntungnya, mengganti oli tidak ribet. Anda dapat menggantinya sendiri dengan menyiapkan beberapa alat sederhana. Berikut prosedur yang harus Anda lakukan saat mengganti oli:
  1. Buka tutup keluaran oli yang terdapat pada bawah mesin dan kuraslah hingga habis. Jangan lupa untuk membuka penutupnya yang terdapat pada bagian atas mesin dan siapkan wadah untuk menampung oli bekas tersebut.
  2. Gantilah saringan oli lama dengan yang baru. Buka saringan lama dengan penuh hati hati dan jangan lupa memberikan pelumas pada saringan yang baru.
  3. Masukkan oli mobil melalui lubang di atas mesin dan bersihkan tetesan oli pada sekitarnya.

Setelah berhasil diganti, kini pekerjaan Anda adalah membuang oli bekas. Bagaimana tips membuang oli yang tepat? simak ulasan berikut ini:
  • Anda bisa membuang oli bekas dengan menuangnya kedalam botol. 
  • Setelah Anda berhasil mengganti oli, dan mengeluarkan oli lama, maka pindahkan oli bekas tersebut dalam kaleng atau bisa juga pakai botol tertutup. 
  • Gunakan corong agar lebih mudah dan tidak tercecer. 

Nah, agar lebih mudah diingat, beri tulisan “oli bekas” dan simpan oli mobil bekas tersebut pada wadah tertutup.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Inspirasi Kita © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top