Jumat, 21 Juli 2017

Kriteria Makanan Sehat yang Berimbang untuk Anak

Kriteria Makanan Sehat yang Berimbang untuk Anak
Makanan merupakan sumber energi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Namun makanan yang dibutuhkan oleh setiap orang bukanlah makanan yang asal-asalan. Misalnya makanan yang mengenyangkan saja. Atau mungkin makanan yang memanjakan lidah saja. Makanan yang dimaksud adalah makanan sehat yang mengandung unsur-unsur gizi dan vitamin. 

Tidak hanya makanan, minuman yang kaya mineral pun sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk proses metabolisme. Siapa pun pasti membutuhkan makanan dan minuman tersebut. Apalagi untuk anak-anak yang sedang bertumbuh dan berkembang dengan sangat pesat. Kualitas makanan dan minuman untuk anak akan berdampak pada kualitas anak tersebut. Baik untuk proses pertumbuhannya maupun untuk proses perkembangannya.

Selain harus mengandung nilai gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, makanan sehat pun harus berimbang kandungannya. Berikut adalah criteria berimbang untuk makanan anak usia lima hingga sepuluh tahun. 

Jika pada sepiring makanan berat, maka harus mengandung
  • Karbohidrat 50%
  • Lemak 30%
  • Nutrisi makanan lain 20% (misalnya saja vitamin, zat besi, kalsium, dan lain-lain).

Adapun lemak yang paling bagus adalah lemak yang berasal dari bahan makanan alami misalnya saja lemak dari buah alpukat, lemak dari kacang tanah, kacang mete, atau jenis kacang lainnya. Sementara lemak yang berasal dari makanan olahan kuranglah bagus kandungannya. Misalnya saja lemak dari minyak. Karena lemak dari minyak tersebut akan menyebabkan lemak jenuh yang susah larut dalam tubuh.

Nah, itulah standar berimbang bagi makanan sehat untuk anak yang berusia lima hingga sepuluh tahun. Jadi, anggapan bahwa makanan yang sehat haruslah didominasi oleh makanan yang berlemak atau berprotein tinggi tidaklah benar. Lemak dan protein pun tidak harus selalu didapatkan dari daging atau telur saja. 

Masih banyak bahan makanan yang harganya murah tetapi mengandung lemak dan protein yang menyehatkan. Misalnya saja tahu dan tempe. Dengan memberikan nasi dan lauknya berupa tahu atau tempe, menu makanan tersebut nyaris berimbang karena sudah mengandung karbohidrat dan lemak. Sempurnakan kandungan gizinya dengan segelas susu dancow, sebagai susu pertumbuhan yang mengandung nutrisi makanan lainnya yang dibutuhkan tubuh.

0 komentar:

Posting Komentar