Jumat, 21 Juli 2017

Pola Asuh Yang Meningkatkan Kecerdasan Anak

Pola Asuh Yang Meningkatkan Kecerdasan Anak
Pola asuh anak sangat berpengaruh besar pada kecerdasan anak. Berdasarkan penelitian 70% anak meniru hal yang orangtua lakukan dan 30% mengikuti apa yang orangtuanya perintahkan. Mengingat pentingnya pola asuh anak yang baik yang menunjang pada kecerdasan anak maka pahamilah langkah-langkah di bawah ini.

1.Eksplorasi lingkungan
Lingkungan adalah sarana untuk kemampuan dan kembang anak. Salah satunya adalah mengenali alam di lingkungan agar membuat anak menjadi aktif serta meningkat kan rasa keingintahuan yang ada di sekitarnya.

2.Minat Anak
Anak memiliki minat yang berbeda-beda. Gali lah potensi yang ada pada anak anda dan berikan dukungan penuh jika ada yang menjadi minat untuk anak anda. Bila anak anda memiliki keseriusan pada bidang tersebut latihlah atau masukanlah pada private, sanggar, les dan sebagainya sesuai potensi yang anak anda miliki.

3.Bacakan Buku Pada anak
Membacakan buku memang lebih mudah apalagi di dalam buku tersebut memiliki gambar yang menarik sehingga daya imajinasi anak meningkat. Seringlah membacakan buku agar anak mempunyai minat baca. Dan bacalah buku tersebut saat anak akan hendak tidur.

4.Ajukan Pertanyaan Pada Anak
Ajukan lah beberapa pertanyaan yang tentunya diminati anak, agar anak pandai berargumen dan merangsang kemampuan berbicara sejak dini.

5.Beri Kesempatan Saat Pengambilan Keputusan
Biasa kan anak anda mengambil keputusan, agar anak anda optimis dan percaya diri akan beberapa hal yang akan dia hadapi. Ini membuat anak mampu berpikir secara analitis

6.Tingkatkan Hal Dalam Bersosialisasi
Pengalaman yang di dapati anak ketika berinteraksi dengan temanya akan membantu menjalin sel-sel saraf pada otak anak. Berikanlah kesempatan bersosialisasi yang seluas-luasnya untuk mengembang kan perasaannya dalam berekspresi. Ini membantu menjaga kecerdasan emosinya dalam otak anak anda. 

7.Asupan Makanan/Minuman Yang Sehat
Untuk menjaga kesehatan dan kecerdasan pada anak, orangtua harus mengawasi kesehatan dan memastikan anaknya akan kebutuhan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak di periode emas perkembangan otaknya, hal ini agar anak mendapatkan banyak pengetahuan dan banyak kesempatan untuk belajar dalam proses pola asuh anak.

0 komentar:

Posting Komentar